Gengsi Tinggi, Nilai Diri Rendah - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gengsi Tinggi, Nilai Diri Rendah

Inspirasi - Banyak orang yang memiliki gengsi yang sangat tinggi. Mereka tidak mau kalah eksis dengan orang-orang yang berada di atasnya. Sebenarnya gengsi itu tidak ada gunanya dan malah membuat beban diri semakin hari semakin berat.

Saya biasanya di sekolah, pulang dari Masjid tidak memakai sepatu dan jajan sebentar di kantin dengan santai. Dan saya mencoba melakukan penelitian kecil-kecilan.

Jika saya memikirkan bahwa, “Aneh banget kok saya tidak pakai sepatu ke kantin ya ?” maka beberapa orang akan melirik saya dan saya sadar bahwa saya sedang dilirik. Sepertinya disini gengsi saya mulai muncul.

Menurut saya, gengsi diawali oleh pemikiran negatif akan diri sendiri dan dipacu oleh hasrat untuk ingin tetap terlihat normal padahal dirinya sendiri sedang berpikir tidak normal.

Secara simpel, gengsi itu muncul karena anda sendiri yang merasakan sebuah dorongan untuk ikut dalam suatu hal baru dalam hidup anda. 

Biasanya anak muda bilang, “Malu dong, udah gede enggak merokok”. Itu sebuah contoh faktor dari luar yang membuat anda berpikir, “Oh iya, ya malu dong gue udah gede tapi gak ngerokok kayak teman gue”.

Terlihat jelas anda memiliki gengsi yang tinggi jika berada di karakter itu. Gengsi untuk mencari prestasi sih bagus-bagus aja. Lah kalau dijerumuskan untuk hal yang tidak baik ? Ya sudahlah.

Sebagai pebisnis juga kita tidak boleh gengsi kok. Mau pake baju loreng-loreng kayak trio macan juga gak apa-apa (loh?) . Anda bisa menjadi seorang yang low profile agar menghindari sikap gengsi ini. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menjaga profile anda ini.

Orang akan banyak suka, percaya pada anda. Dan sebagai pebisnis ini adalah sebuah halyang sangat baik untuk melakukan monetizing terhadap para prospek. Seperti yang ditulis pada judul, gengsi membuat nilai diri menjadi rendah secara tidak langsung.

Memang efeknya tidak langsung terasa. Namun, anda akan terbebani sendiri dengan terus menerus melakukan sesuai dengan nafsu anda. Sangat tidak baik untuk anda jika mengikuti nafsu. 
Menurut saya ini cobaan yang harus anda coba lalui. Namun, sekali lagi gengsi itu harus di hilangkan dulu dalam kamus hidup anda.

Ya minimal di minimalisirlah, tidak terlalu membuat target yang besar tapi tidak dilaksanakan.

Ayo membuat diri anda sebagai low profile agar anda memiliki banyak jaringan dan menaikan nilai diri anda di mata orang-orang.