Sejarah Adalah Ilmu Tentang Kehidupan - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Adalah Ilmu Tentang Kehidupan

Inspirasi - Pada abad ke-18 terjadi revolusi industri besar-besaran di Inggris, dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt membuat sebuah sebab umum dari terjadinya Perang dunia pertama yang melibatkan hampir seluruh Negara Eropa. 

Lalu sebenarnya apa hubungan antara revolusi industri dengan terjadinya perang dunia pertama ?

Perang dunia pertama terjadi di beberapa salah satu yang menarik perhatian saya saat membaca buku IPS adalah politik air hangat dimana Rusia mencoba menyerang Austria karena berlomba untuk mendapatkan pelabuhan yang bebas dari es.

Apa pelajaran yang bisa anda ambil dari politik air hangat ini ?

Manusia Tidak Pernah Puas Dan Ingin Selalu Menang

Kenapa manusia dikelompokan secara biologi ke dalam kingdom animalia ? Dari segi struktur tubuh memang sama namun terletak perbedaan di bagian akal dan pikiran, namun tetap saja ada kesamaan antara hewan dengan manusia. 

Manusia bisa bersifat seperti hewan jika tidak bisa mengatur emosinya. Dan menurut saya inilah akar dari Perang Dunia Pertama alias sebuah perpecahan di dunia.

Setelah perang dunia pertama selesai dan akhirnya Jerman keluar sebagai negara yang harus mengganti semua kerugian perang dunia pertama. 

Masuklah ke masa interbellum atau dikenal dengan masa dua perang, disini beberapa negara sudah mempersiapkan pembentukan LBB (Liga Bangsa-Bangsa) yang bertujuan untuk mendamaikan dunia.

Manusia Selalu Ingin Damai

Tidak ada satupun manusia yang ingin hidupnya berantakan. Namun kembali ke poin pertama yang anda dapat di perang dunia I, manusia tak ubahnya seperti hewan jika tidak bisa mengendalikan emosinya sendiri. Namun dibalik itu semua manusia selalu ingin hidup damai.

Menjaga kedamaian antar manusia sebenarnya mudah, tinggal bagaimana mengatur cara bersosialiasi tanpa pandang bulu, itu saja point yang perlu anda tahu untuk menjaga kedamaian.

Akhirnya timbul perang dunia kedua karena tokoh Adolf Hitler dari Jerman yang berusaha menyerang Polandia untuk balas dendam atas kekalahannya di Perang Dunia pertama. Dengan idealisme Naziismenya dia menyerang kaum Yahudi demi mendapatkan wilayah kekuasaan. Poin yang dapat di ambil dari Perang Dunia Kedua ini adalah

Manusia Selalu Ingin Membalas Sebuah Kekalahannya

Tidak ada manusia yang terima begitu saja dilecehkan. Manusia selalu ingin mendapatkan apa yang sudah ia perjuangkan. Disinlah terjadi balas dendam. 

Dan kembali ke poin pertama manusia seperti hewan karena mereka sudah buta oleh sebuah kekayaan. 

Tinggal bagaimana membuat manusia bisa melihat sisi lain dari balas dendam ini dan cenderung megambil haknya kembali jika memang dia benar, jika tidak ya seharusnya pasrah dan menyerahkan kepada pihak lain.

Tidak semua manusia menyadari ilmu yang bisa di dapat dari mempelajari sejarah yang sebenarnya. 

Dan semoga denga artikel ini bisa membuka mata anda untuk selalu mengamati setiap kata yang tertulis dalam sebuah buku sejarah.

Semoga tulisan ini bisa menjadi renungan bagi kita semua