Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mandiri Cash Management : Kegunaan Dan Kelebihan Serta Fitur - Fiturnya

Keuangan - Gunakan MCM Mandiri untuk memudahkan masalah pengelolaan keuangan perusahaan. Layanan ini benar-benar fungsional dengan fitur beragam.


Selain kerap disebutkan MCM, layanan aplikasi ini disebutkan dengan istilah Mandiri Cash Management.


Sesuai dengan namanya, peranan utama aplikasinya untuk mengurus keuangan. Tetapi tidak untuk individu, tetapi badan usaha atau perusahaan.


Sangat jarang  nasabah bank mandiri tahu apa itu MCM mandiri. Bahkan juga, dapat disebut jika yang mengetahui ada aplikasi seperti ini cuman beberapa % dari keseluruhan nasabah BUMN ini.


Layanan ini berbeda dengan mandiri online atau Livin yang lebih terkenal di kelompok pengguna atau nasabah perseorangan.


MCM Mandiri ialah layanan yang khusus diberikan kepada semua nasabah yang punya rekening bisnis di Mandiri untuk memantau dan mengatur semua kegiatan yang berada di rekening itu.


Dimulai dari transaksi, report, dan yang lain. Dengan demikian, Akun Receivable (A/R) dan Akun Payable (A/P) perusahaan yang dipunyai oleh nasabah lebih gampang dilaksanakan dengan maksimal.


Mandiri Cash Management buat apa? Mandiri Cash Management : Kegunaan Dan Kelebihan Serta Fitur Fiturnya


Seperti dikatakan di atas, pada umumnya layanan aplikasi ini mempunyai peranan untuk memantau dan mengatur kegiatan keuangan yang berada di sebuah rekening mandiri bisnis.


Kelebihan / Kegunaan   MCM


  • Menolong menampilkan neraca keuangan perusahaan.
  • Dapat menolong mengurus keuangan perusahaan secara detail.
  • Menampilkan kegiatan keuangannya lebih jelas.
  • Menolong mengelola keuangan dengan optimal, cermat, dan maksimal.


Yang penting, layanan ini akan memberikan info secara detail buat nasabah. Dengan kelengkapan info seperti ini, akan lebih gampang buat nasabahnya untuk mengatur dan mengurus keuangannya dengan lebih baik


Mandiri sebagai salah satu perusahaan multifinance di Indonesia memberikan layanan super komplet untuk memberikan pinjaman dengan persyaratan mudah, bunga bersaing, dan proses cepat supaya Anda dapat mengurus keuangan dengan lebih bagus.


Fitur - Fitur Mandiri Cash Management


1. Informasi rekening


Yaitu sebuah layanan yang memungkinkannya nasabah untuk melihat info selengkapnya hingga bisa lakukan pantauan lebih gampang dan lengkap. Adapun informasi yang tersaji ialah:


  • Informasi saldo yang disajikan secara mendalam.
  • Transaksi rekening giro dan tabungan, mata uangnya dapat IDR atau yang lain sesuai mata uang yang bisa dipakai bertransaksi di bank mandiri.
  • Perubahan rekening secara real-time.
  • Tersedianya informasi perubahan yang dapat disajikan dalam pola pdf, txt, dan excel selengkapnya hingga lebih gampang diatur.
  • Cetak atau print rekening koran atau e-statement (pernyataan electronic) secara standard untuk masing-masing rekening perusahaan yang sudah didaftarkan.


Semua fitur di atas jelas memudahkan kegiatan keuangan dalam sebuah bisnis.


2. Pengaturan tagihan 


Ini adalah fasilitas yang berperan untuk memudahkan masalah pengelolaan piutang perusahaan agar ditata dengan maksimal.


Adapun sejumlah fitur yang ada ialah:


  • Ada akses pada penataan pembayaran tagihan atau bill payment.
  • Terdapatnya layanan autodebet sebagai jalan keluar untuk penagihan piutang secara masal atau bersama.


Sejumlah fitur di atas jelas memudahkan masalah usaha, khususnya buat beberapa usaha yang memerlukan utang piutang.


3. Pengaturan Transfer


Layanan ini memberikan akses secara detail ke nasabah untuk lakukan transfer. Berikut ialah beberapa featurenya:


  • Ada feature untuk transfer keluar dengan beberapa pilihan akses seperti pemindahbukuan antara rekening bank mandiri atau inhouse transfer, pengiriman uang ke bank lain baik dalam atau luar negeri berbentuk valuta asing, dan pengiriman uang ke rekening bank lain dalam negeri (lokal) berbentuk valuta rupiah dapat berbentuk RTGS, LLN, atau SKN.
  • Ada pilihan proses transaksi. Dapat reccuring transaction, immediate, sampai standing instruction atau post dated.
  • Ada template atau predefine beneficiary daftar yang bermanfaat untuk memudahkan masalah nasabah dalam soal bertransaksi transfer tanpa perlu meng-input atau masukkan ulang nomor rekening atau info yang lain.
  • Transaksi transfernya dapat dilaksanakan satu demi satu atau masal.


Dengan beragam pilihan transfer seperti dikatakan di atas, karena itu perusahaan lebih mudah mengatur jalur kas keluarnya. Khususnya jika perlu lakukan transfer ke pegawai secara masal, karena itu feature ini betul-betul diperlukan.

4. Monitoring transaksi 


Lakukan monitor atas transaksi dan kegiatan keuangan yang berada di perusahaan perlu dilaksanakan tiap hari. Ini adalah hal penting yang harus dilaksanakan oleh pelaku bisnis, baik pemula atau yang telah professional.


Dengan lakukan monitor secara periodik, karena itu ada beberapa hal negatif yang bisa dijauhi. Alur kas masuk keluar dapat ditata lebih bijak dan cermat.


Berita baiknya, MCM mandiri telah diperlengkapi dengan feature monitoring transaksi yang bakal menolong lakukan controlling dengan maksimal sekalian pengawasan pada proses dan kegiatan transaksi secara detail.


Jenis pengguna transaksi di MCM mandiri 


Mandiri Cash Manajemen punya dua konsep dalam pemakaiannya. Dua konsep itu yaitu 


  • multi user dan 
  • Dual control. 


Maknanya, pengendalian account-nya dapat dilaksanakan oleh beberapa orang.


Berikut ialah keterangan selengkapnya:


1. Multi user 


Sesuai namanya, ini ialah multi pengguna yang lebih konsentrasi pada transaksi. Terkadang disebutkan dengan pengguna transaksi. Multi user ini dibedakan dalam beberapa kelompok, yaitu maker, approver, dan releaser.


  • Maker ialah orang yang bertindak selaku pencetus dari suatu transaksi yang berada di sistem dengan memasukkan semua info dan data yang dibutuhkan dalam transaksi tersebut.
  • Approver yaitu pemakai yang lakukan pengecekan dan kesepakatan awal atas transaksi-transaksi yang digagas dengan seorang maker.
  • Releaser sebagai user yang mengirimi transaksi yang sudah memperoleh approval ke sistem.


2. Dual control 


Berbeda dengan multi user yang konsentrasi pada transaksi, dual control ini perannya untuk mengatur sehingga pemakainya kerap disebutkan dengan istilah pengguna pengelola. Khususnya untuk non finansial.


Dual control ini dibagi jadi dua kelompok, yaitu:


  • Sysadmin1, yaitu admin utama yang mempunyai akses penuh pada semua penataan dimulai dari susunan pengguna, akses menu, susunan akun, penataan limit, sampai proses kesepakatan transaksi.
  • Sysadmin2, yaitu admin yang bertindak selaku dual control-nya Sysadmin1. Fungsi intinya untuk lakukan kesepakatan atas tiap peralihan penataan intern ID MCM mandiri yang sudah dilakukan oleh Sysadmin1.


Cara menggunakan MCM mandiri


Bila Anda ingin mempunyai account MCM mandiri, karena itu pastikan jika Anda punyai rekening bisnis dan datanglah ke kantor bank mandiri paling dekat untuk lakukan pengajuan atau registrasi.


Itu dia Mandiri Cash Management kegunaan dan Kelebihannya semoga bermanfaat

Post a Comment for "Mandiri Cash Management : Kegunaan Dan Kelebihan Serta Fitur - Fiturnya"