Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Dan Urutan Mandi Yang Baik dan Menyehatkan

Urutan Mandi Yang Baik dan Menyehatkan | Mandi sudah menjadi salah satu kewajiban kita untuk menjaga tubuh agar sehat karena terhindar dari berbagai kuman-kuman yang menempel di tubuh kita.


Namun siapa sangka, kalau mandi itu ternyata ada tahapan-tahapannya, sehingga tidak asal membasahi tubuh keseluruhan saja. Bahkan yang menyebabkan kita terserang flu bisa jadi karena cara mandi yang tidak benar. Hal ini disebabkan karena hawa panas dan dingin ditubuh kita tidak seimbang.


Nah, berikut ini adalah tahapan mandi yang benar dan yang menyehatkan badan.


1. Yang pertama adalah basahi atau sirami (dalam bahasa Jawa digebyur) dahulu ujung kaki Anda sampai lutut. Ini berlaku untuk kaki kanan maupun kiri.


2. Setelah itu naik ke atas, dan basahi atau siram dari bagian lutut sampai bagian perut.


3. Naik lagi sirami dari bagian perut sampai ke bahu Anda.


4. Berlanjut ke ujung tangan (kanan dan kiri) sampai ke pundak Anda.


5. Selanjutnya siram leher Anda sampai ke ujung ramput (bagian kepala)


6. Terakhir Siram semua tubuh Anda.


7. Untuk sikat gigi, menggosok tubuh pakai sabun, keramas, bisa dilakukan setelah ini.


Itu lah urutan atau tahapan mandi yang baik dan menyehatkan. Lalu, pertanyaannya, Mengapa harus dimulai dari bawah ke atas (ujung kaki ke ujung kepala) ?


Alasannya agar hawa panas tubuh dapat naik ke atas dan pada akhirnya dapat keluar melalui rongga-rongga tubuh bagian atas, seperti telinga. hidung.


Nah, jika Anda melakukan hal itu, pasti Anda akan merasakan merinding dibagian tubuh yang belum dibasahi, hal ini disebabkan karena pergerakan hawa panas tubuh dan terdorong oleh hawa dingin air yang bergerak di atas dan keluar melalui celah-celah tubuh, baik pori-pori maupun seperti telingan dan hidung.


Jika kebiasaan mandi seperti ini Anda lakukan rutin, maka tubuh Anda akan terasa lebih segar dan baik untuk kesehatan.

Post a Comment for "7 Cara Dan Urutan Mandi Yang Baik dan Menyehatkan"