Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keistimewaan Surat Al Fatihah, Ar - Rahman, Dan Ayat Kursi

                                                        أسلام عليكم ورحمتلهج وبركاته  

Pada  hari ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang islam lagi kepada semua umat Islam yang ada diseluruh dunia. yaitu Keistimewaan Surat Al Fatihah, (الفاتحه )  Ar - Rahman ( ارحمن  ) Dan Ayatul Kursi. ( آيات كرسي )


Pasti sebagai umat islam yang baik anda sudah menghafal surat Al Fatihah, jika belum hafal, itu namanya keterlaluan. berarti jika belum hafal anda tidak pernah menjalankan sholat lima waktu setiap hari.


Keistimewaan Surah Alfatihah


Jika anda ingin mengetahui keistimewaan-keistimewaan yang ada didalam surat Al Fatihah silakan membacanya dibawah ini:

1. Al Fatihah Sama Dengan dua pertiga Al Qur'an.


Bagi siapa yang membaca surat Al Fatihah dengan Ikhlas dan khusyu serta memahami makna yang terkandung didalamnya dan mengamalkan, maka sesungguhnya ia telah membaca dan mempelajari dua pertiga daripada Al Qur'an. Hal ini berdasarkan pada Hadits Nabi Saw, yang artinya:


"Pembuka Al Qur'an (Surat Al Fatihah) itu sama dengan dua pertiga Al Qur'an".


2. Al Fatihah Sebagai Pelebur Dosa.


Hal ini berdasarkan hadits berikut ini:


"Barang siapa dihari Jum'at ketika imam telah selesai salam dan sebelum ia melipat kakinya lalu ia membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas sebanyak tujuh kali, maka dosanya yang telah lalu dan yang akan datang diampuni".


Keistimewaan Surah Ar - Rahman


Masih banyak orang yang belum hafal surat Ar Rahman ini, sebenarnya ini sangat-sangat merugikan kepada diri kita sendiri.


Jika anda ingin mengetahui keistimewaan-keistimewaan yang terkandung didalam surat Ar Rahman silakan membacanya dengan baik dibawah ini:


1. Ar Rahman adalah mempelai Al Qur'an.


Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sabda Nabi Saw. yang artinya:


"Bagi tiap sesuatu itu ada mempelainya, dan mempelai Al Qur'an adalah Ar Rahman".


2. Allah akan memberikan limpahan rahmat kepada pembacanya.


Ketika seseorang itu membaca Surat Ar Rahman dengan ikhlas, menghayati maksud yang terkandung didalamny dan mengamalkan, niscahya Allah SWT akan melimpahkan rahmat-nya kepadanya.


Keistimewaan Ayat Kursi


Jika anda semuanya ingin mengetahui keistimewaan-keistimewaan yang terkandung didalam ayat kursi silakan membacanya dibawah ini, berikut ini adalah keistimewaan Ayatul Kursi


1. Menjadikan Pembacanya Sebagai Ahli Surga


Hal ini berdasarkan Hadits Nabi Saw. bahwasannya beliau bersabda:


"Segala sesuatu itu memiliki puncak dan puncak Al Qur'an adalah surat Al Baqarah yang didalamnya terdapat penghuni Ayat-Ayat Al Qur'an, yaitu ayat kursi".


Ketika seseorang itu membaca, memahami dan mengamalkan penghulu dari pada Al Qur'an, maka pahala apakah yang layak ia peroleh. adalah surga Allah itu pantas ia dapatkan.


2. Bila dibaca dalam sebuah doa, maka doa itu mutajabah.


Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Saw. bahwasannya:


"Asma yang paling agung yang apabila dibaca dalam sebuah doa pasti akan dikabulkan doanya. adapun asma itu terdapat dalam 3 tempat. yaitu surat Al Baqarah, Surat Al Imran, Surat Thaha".


Kesimpulan : Jadi hafalkan surat -surah diatas, bacalah sambil dihayati dengan penuh konsentrasi, dan jangan lupa untuk mengamalkannya kepada semua umat Islam yang ada di tempat tinggal-mu.

Post a Comment for "Keistimewaan Surat Al Fatihah, Ar - Rahman, Dan Ayat Kursi "