Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Unsur Administrasi

Unsur - Unsur Administrasi 

Ada 8 unsur utama Administrasi, diantaranya yaitu : 

  1. Organisasi
  2. Komunikasi
  3. Manajeman
  4. Kepegawaian
  5. Keuangan
  6. Tata Usaha
  7. Perbekalan dan
  8. HUMAS

8 Unsur Administrasi
8 Unsur Administrasi


1. Organisasi

Organisasi adalah kelompok dari barisan orang dengan tanggungjawab dan kuasanya dan mempunyai pekerjaan-tugas yang perlu dituntaskan dan mempunyai jalinan antar karyawan atau unit pekerjaannya.

Organisasi sisi dari pusat kepentingan yang lagi ditangani atau dituntaskan semasing dari anggotanya. Hingga di dalam organisasi ada beberapa komponen yang memberikan dukungan supaya organisasi itu bisa melakukan pekerjaan dan manfaatnya dengan benar dan baik.

Organisasi mempunyai tanggung jawab untuk capai tujuan besar dari organisasi itu. Di mana tujuan besar dari administrasi akan terwujud bila seluruh komponen yang ada pada organisasi melakukan pekerjaan dan kuasanya secara baik. Hingga segala hal dan tujuan adminsitrasi organisasi bisa terwujud dan sesuai keinginan organisasi.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang penting selalu untuk dijaga. Kenapa? Sebab komunikasi dapat disebutkan selaku kunci dari semua info dan gerakan yang akan dikerjakan dalam jalankan administrasi organisasi.Hingga adanya komunikasi yang bagus antar team dan antar komponen dalam organisasi bisa merealisasikan terbentuknya tujuan adminstrasi yang benar dan baik bisa terwujud. Dengan ketercapaian itu, organisasi bisa dengan gampang untuk capai tujuan besarnya bila semua komunikasi yang dikerjakan ialah searah dan tidak ada salah paham.

3. Manajemen

Manajemen adalah kelompok dari serangkaian untuk gerakkan anggota atau pegawainya untuk selalu lakukan pekerjaan dan tanggung jawabannya hingga bisa capai tujuan bersama. 

Manajemen yang bagus akan punya pengaruh pada proses administrasi, hingga ketercapaian manajamenen yang bagus bisa memberikan dukungan ada administrasi yang sama dan tujuan besar dari organisasi dapat terwujud. Sebab dikerjakan dengan membuat manajemen yang bagus dan tepat. 

Manajemen dapat dipakai untuk mengendalikan dan mengawasi bagaimana performa dari tiap anggota atau pegawai pada semasing pekerjaannya. Hingga dari ini bisa dijumpai jalur proses untuk capai tujuan bersama. 

4. Kepegawaian

Kepegawaian adalah sisi dari mengordinasikan karyawan yang terjebak dalam organisasi atau administrasi. Di mana kepegawaian berkaitan dengan ketentuan berkenaan tenaga kerja untuk capai usaha kerja sama yang sesuai keinginan.

Di mana koordinasi tenaga kerja ini penting untuk dilakuka sebab ini akan berpengaruh pada semasing pekerjaan setiap pribadi. Saat koordinasi kepegawaian tidak dikerjakan dengan benar dan baik, maka berpengaruh pada administrasi yang tidak berjalan sesuai gagasan.

5. Keuangan

Sektor keuangan adalah sektor yang penting dan penting. Koordinasi keuangan pada suatu organisasi harus dikerjakan sesuai ketentuan yang berjalan. Sebab pada intinya tiap organisasi mempunyai tutorial tertentu dalam mengurus keuangan.

Ini akan berpengaruh pada administrasi organisasi yang akan terusik bila persoalan keuangan tidak dituntaskan atau mungkin tidak ditangani sesuai proses yang berjalan. Adanya pengendalian keuangan ini bisa jadikan administrasi organisasi bisa berjalan seperti mestinya secara lancar.

6. Tata usaha

Administrasi berlaku di bagian tata usaha. Di mana sisi tata usaha ialah sisi yang mengumpulkan, menulis, dan mengurus, melipatgandakan, kirim dan simpan bermacam jenis info atau dokumen yang dibutuhkan dalam kerja sama pada organisasi atau lembaga.

Adanya tata usaha yang teratur dan berjalan seperti proses yang diperkirakan, proses administrasi akan capai hal yang teratur dan sesuai ketentuannya. Sebab ini disokong adanya tata usaha yang bekerja secara penuh tanggung jawab dan sesuai proses yang berjalan.

7. Perbekalan

Perbekalan adalah sisi penting dari administrasi. Segalanya yang diperlukan dan dibutuhkan untuk capai tujuan bersama atau mungkin kerja sama harus disiapkan dengan lengkap dan detil.

Adanya perbekalan yang baik dan optimal, proses administrasi akan bertambah lebih muda dan terukur sebab telah mengikut standard yang berjalan dan telah disiapkan dengan optimal. Hingga administrasi akan berjalan secara lancar bila perbekalan disiapkan dengan detail dan rapi untuk memudahkan proses kerja sama atau perolehan tujuan bersama. 

8. hubungan Masyarakat  (HUMAS)

Jalinan warga atau umum disebutkan dengan HUMAS mempunyai peranan penting dalam terselenggaranya administrasi yang sesuai proses yang perlu dikerjakan.

Humas bekerja untuk jaga jalinan baik dengan warga seputar atau yang mengordinasikan aktivitas yang terkait dengan external organisasi. Hingga bila sisi humas bisa melakukan pekerjaan dan tanggung jawabannya dengan benar dan baik sesuai proses dan ketentuan, karena itu proses administrasi dapat terselenggara secara lancar.


Post a Comment for "8 Unsur Administrasi"