Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang Dengan Cepat

Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang Dengan Cepat
Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang Dengan Cepat


Penyebab sulit melupakan seseorang atau sesuatu hal

Masih adanya “Rasa sayang atau cinta” adalah penyebab kita sulit melupakan orang itu. Penyebab sulit melupakan seseorang lainnya adalah adanya rasa benci. Jadi selama perasaan baik dan perasaan buruk kepada seseorang atau sesuatu hal ini masih melekat pada diri kita, Pada selama itu juga kita tidak akan bisa melupakannya. Dan semakin kuat perasaan ini muncul, semakin kuat pula bayangan si do’i bersemayam dalam imajinasi kita.

Lama tidaknya waktu kebersamaan dapat juga dikatakan penyebab sulitnya melupakan seseorang. Karena semakin lama waktu kebersamaan maka data tentang orang itu akan semakin banyak terserap dalam memori otak kita.

Dengan mengetahui dua penyebab sulit melupakan seseorang atau sesuatu hal diatas yaitu dari perasaan dan pikiran. Maka untuk cara melupakan orang yang kita sayang dengan cepat bisa dilakukan dengan mensetting pikiran dan perasaan-perasaan kita.

Cara melupakan orang yang kita sayang dengan cepat

Melalui Pengendalian Pikiran

Bak Memori micro SD pada komputer. Otak kita menyimpan milyaran data, ada file dalam bentuk gambar, ada pula file dalam bentuk suara. Setiap kita melihat, mendengar, mencium, meraba, dan merasakan sesuatu hal, maka apa yang kita lihat, dengar, cium, , raba dan rasa akan di olah menjadi suatu data yang nantinya akan disimpan dalam memori otak. Betapa sempurnanya koreasi kata-kata yang ada pada otak kita bukan???

Jika waktu kebersamaan kita bersama orang yang kita sayang sangat panjang, wajar saja kalau hampir seluruh data yang ada pada isi kepala kita cuma tentang si do’i. Kalau data yang tersimpan pada otak hanya tentang satu orang yang kita sayang itu saja, bagaimana mungkin kita bisa memikirkan hal lain??? Munculnya suatu pemikiran adalah karena masuknya data baru. Untuk inilah pengendalian pikiran sangat penting.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan pikiran untuk membantu proses melupakan orang yang kita sayang dengan cepat. Dimana dua cara ini saling berkaitan satu sama lainnya. Cara yang pertama adalah dengan terlebih dulu membersihkan data tentang seseorang itu dari lingkaran kepribadian kita.

Yah setiap orang memiliki lingkaran kepribadiannya masing-masing, kamar adalah tempat yang paling pribadi dari setiap orang. Untuk ini contohnya bisa kita lihat dari kamar pribadi kita. Apakah ada foto-foto tentang orang yang kita sayang itu??? Surat-surat cinta???..

Selain kamar, Kemajuan teknologi juga mempengaruhi ruang lingkup kepribadian kita, misalnya HP, apakah ada foto-foto, video-video, sms-sms, dsb??? Atau di dunia maya kita punya facebook / twitter, apakah kita masih berstatus teman atau jaringan dari jejaring sosial itu???

Jika ada, HAPUSLAH!!! Kita harus bisa membersihkan semua data tentang si do’i dari lingkaran kepribadian kita itu, karena pintu masuk suatu data ke dalam memori otak kita adalah melalui lingkaran hidup kita itu. 

Ingatlah tentang pepatah cina yang mengatakan bahwa gelas yang penuh dengan air, tidak bisa menampung air lain. Artinya sebelum kita mengosongkan isi (tentang si do’i) dari otak kita, maka otak kita tidak akan bisa menampung informasi lain.

Setelah gelas (otak) itu kosong, barulah cara berikutnya dengan mengisi air lain (data / informasi), Jadi Cara yang kedua adalah dengan menyibukkan pikiran kita.

Pancaran gelombang pikiran kita memiliki kekuatan atau kecepatan yang lebih cepat daripada angin dan juga cahaya. Setiap kita memikirkan satu nama seseorang, dengan cepat pikiran kita akan menerawang ke arah hal-hal yang berkaitan dengan nama orang itu. 

Contohnya coba kita pikirkan nama orang yang kita sayang itu, maka dalam hitungan detik kita juga akan mengingat sikap-sikapnya, senyum-senyumnya, tindakan-tindakannya, dsb. Jika tidak segera kita hentikan, maka dalam beberapa menit kedepan seluruh kehidupannya akan masuk ke dalam imajinasi kita. Padahal semua itu dimulai dari hanya memikirkan namanya saja.

Semua masalah besar dimulai dari masalah kecil, karena selain memancar, pikiran kita juga menarik, seperti halnya magnet, namun daya tarik pikiran masih jauh lebih besar dibandingkan daya tarik pada magnet apa pun yang ada di dunia.

Untuk inilah dalam hal melupakan orang yang kita sayang pengendalian pikiran sangat penting, kita memang tidak selalu terjaga, kapan saja kita bisa lupa, maka dari itu akan lebih mudah bila disaat kita terjaga, kita alihkan fokus pikiran kita dengan menyibukkan pikiran kita, misalnya dengan melakukan aktivitas-aktivitas lain, seperti: membaca, bermain game, ngeblog / menulis, menonton tv, dll. Akan merasa lebih baik bila fokus itu diarahkan ke arah hal-hal positif. Percayalah! Satu detik waktu Anda sangat berharga bagi otak Anda!.

Melalui emosi atau perasaan

Apa yang kita pikirkan memunculkan emosi atau perasaan-perasaan. Jadi pikiran tetaplah sebab dan akibatnya adalah perasaan. Tapi cara yang mudah untuk mengalihkan fokus pikiran agar dapat melupakan orang yang kita sayang itu bisa juga dilakukan dengan cara yang terbalik, yaitu dari pengalihan pancaran-pancaran emosi kita.

Kesimpulannya adalah, Kita harus bisa membagi-bagi rasa sayang ini kepada sesuatu hal lain. Misalnya ke hewan peliharaan atau ke orang-orang disekitar kita. Kita harus bisa memecah perasaan sayang kepada orang yang ingin kita lupakan itu, dan membaginya kepada sesuatu hal lain. Karena kita tidak akan bisa melupakan sesuatu hal atau seseorang seandainya kita masih menyimpan rasa pada orang itu.

Ada yang bilang kalau cara cepat melupakan pacar adalah dengan cari pacar lagi, inilah maksud saya juga. Tapi dalam penjelasan luas, bukan hanya mencari pacar, tetapi mencari sesuatu hal yang kita sukai.

Kita bisa dengan mudah mengubah rasa sayang menjadi benci atau sebaliknya, tapi rasa sayang dan benci bagi benak tetap sama. Jadi mungkin saja kita tidak bisa benar-benar melenyapkan bayangan seseorang yang pernah kita kenal, seperti halnya kenangan-kenangan indah diwaktu kita masih kecil.

Sampai tua nanti, Kita akan tetap terus mengingat masa-masa kanak-kanak kita, tapi dengan cara-cara atau tips-tips dari saya di atas, kita bisa menyamarkan bayangan-bayangan orang yang kita sayangi itu.

Terlebih dulu kita harus memikirkan jenis tugas-tugas kita hidup, Setelah kita tau jenis tugas-tugas itu selanjutnya kita cari tugas yang paling cocok dengan hati kita, seperti aktivitas yang berkaitan dengan hobi atau kesenangan. 

Lalu kerjakanlah! Ditambah dengan perasaan senang membuat hidup terasa lebih bergairah, juga lebih cepat menghilangkan bekas-bekas luka dalam kenangan manis dan pahit dari perjalanan hidup kita. Dan lambat laun kita pun akan dengan sendirinya terlepas dari ikatan ingatan-ingatan seseorang yang bukan jodoh kita itu. Lalu mencari jodoh-jodoh yang lainnya (bukan hanya orang) .

Seperti itulah cara saya melupakan orang yang pernah saya sayangi atau benci. Cepat atau tidaknya adalah tergantung dari kita sendiri, jika kita serius dan terjaga (sadar) untuk selalu mengalihkan fokus pikiran dan perasaan ini, maka kita bisa melakukannya dengan cepat. 

Dan cepat atau tidaknya juga tergantung dari waktu kebersamaan. Semakin lama hubungan yang kita jalin bersama orang yang kita sayangi itu, maka semakin banyak data tentang si do’i pada memori otak kita, jadi otak kita juga butuh waktu untuk menimbun data-data itu. So, tetap bersabarlah! ^_*

Post a Comment for "Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang Dengan Cepat"