Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmu Budaya Dasar ; Pemahaman, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar ; Pemahaman, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Administrasi - 
Ilmu budaya dasar ialah satu ilmu yang pelajari dasar dasar dan pemahaman mengenai ide yang ditingkatkan untuk membahas beberapa masalah kebudayaan. Istilah IBD ditingkatkan di Indonesia sebagai alternatif istilah Basic Humanities yang dari istilah bahasa Inggris The Humanities. 

Adapun istilah Humanities tersebut berawal dari bahasa Latin Humanus yang dapat disimpulkan manusiawi, berbudaya dan lembut (refined). Dengan pelajari The Humanities diandaikan seorang bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya serta lebih lembut.


Pada umumnya pemahaman kebudayaan merupakan jalan atau arah di dalam melakukan tindakan dan berpikir untuk penuhi tuntutan hidup baik jasmani atau rohani.


Pokok-pokok yang terdapat dari beberapa devinisi kebudayaan:


  • Kebudayaan yang ada di antara umat manusia benar-benar bermacam
  • Kebudayaan didapatkan dan dilanjutkan lewat pelajaran
  • Kebudayaan terjabarkan dari beberapa komponen biologi, psikologi dan sosiologi
  • Kebudayaan berstruktur dan terdiri dari aspek kesenian, bahasa, tradisi istiadat, budaya daerah dan budaya nasional


Background ilmu budaya dasar dalam kerangka budaya, negara, dan warga Indonesia terkait dengan persoalan sebagai berikut ini:


  • Realita jika Indonesia terdiri dari bermacam suku bangsa, dan semua keberagaman budaya yang tercermin dalam bermacam faktor kebudayaannya, yang umumnya tidak terlepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
  • Proses pembangunan imbas positif dan negatif berbentuk berlangsungnya pengubahan dan perubahan mekanisme nilai budaya hingga sendirinya psikis manusiapun terserang dampaknya. Karena lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan muncul perselisihan di kehidupan.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dalam tehnologi memunculkan pengubahan keadaan kehidupan manusia, memunculkan perselisihan dengan tata nilai budayanya, hingga manusia bingung sendiri pada perkembangan yang sudah dibuatnya. Ini sebagai karena karakter ambivalen tehnologi, yang selain mempunyai segi-segi positifnya, mempunyai sisi negatif karena imbas negatif tehnologi, manusia sekarang jadi gelisah dan resah.


Tujuan Ilmu Budaya Dasar


Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain sebagai usaha yang diinginkan bisa memberi pengetahuan dasar dan pemahaman umum mengenai konsep-konsep yang ditingkatkan untuk membahas beberapa masalah manusia dan kebudayaan. 


Dengan begitu mata kuliah ini tidak ditujukan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu sektor ketrampilan yang terhitung di dalam pengetahuan budaya (the humanities) namun Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan personalitas mahasiswa dengan memperlebar wacana pertimbangan dan kekuatan kritikalnya pada nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut seseorang dan alam sekelilingnya, atau yang menyangkut dirinya.


Berlandas dari hal di atas, tujuan utama mata kuliah ilmu budaya dasar untuk meningkatkan personalitas dan wacana pertimbangan, terutama yang  terkait dengan kebudayaan, supaya daya tangkap, pemahaman dan penalaran berkenaan lingkungan budaya mahasiswa bisa jadi lebih lembut. Untuk dapat mencapai tujuan itu Ilmu Budaya Dasar diharapkan bisa :


  • Mengupayakan kesensitifan mahasiswa pada lingkungan budaya, hingga mereka lebih gampang menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, khususnya untuk kebutuhan karier mereka.
  • Memberikan peluang ke mahasiswa untuk memperlebar pandangan mereka mengenai permasalahan kemanusiaan dan budaya dan meningkatkan daya krisis mereka pada beberapa persoalan yang tersangkut ke-2 hal itu.
  • Mengupayakan sarana komunikasi beberapa akademisi supaya mereka lebih sanggup berkomunikasi keduanya. Dengan mempunyai satu bekal yang serupa, beberapa akademisi diinginkan makin lebih lancar dalam berbicara.


Dengan singkat bisa disebut jika tujuan Ilmu budaya Dasar pada umumnya ialah :


  • Pembangunan dan peningkatan personalitas dan peluasan wacana perhatian
  • Pengetahuan dan pertimbangan berkenaan bermacam tanda-tanda yang muncul di pada lingkungan, terutama beberapa gejala yang terkait dengan kebudayaan dan kemanusiaan, supaya daya responsif
  • Pemahaman dan penalaran terkait dengan lingkungan budaya bisa diperlebar.


Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar


Bertitik tolak dalam rangka tujuan yang sudah diputuskan, dua permasalahan dasar dapat digunakan sebagai bahan alasan untuk tentukan ruang lingkup pengkajian mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), ke-2 permasalahan dasar itu ialah :


  • Bermacam faktor kehidupan yang semuanya sebagai pernyataan permasalahan kemanusian dan budaya yang bisa didekati dengan memakai pengetahuan budaya (The Humanities), Baik dari sisi masing-masing ketrampilan (Disiplin), di dalam pengetahuan budaya, atau secara kombinasi (Antar Sektor) bermacam disiplin dalam pengetahuan budaya.
  • Hakekat manusia yang satu atau universal, namun yang beragam macam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.


Ke-2 Dasar permasalahan yang dapat ditelaah dalam mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), Terlihat terang jika manusia memenuhi status sentra dalam pembahasan.


Manusia bukan hanya sebagai object pembahasan, bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sama-sama, dan bagaimana juga hubungan si pembuat jadi topik sentral dalam Ilmu Budaya Dasar, pokok-pokok bahasa yang ditingkatkan ialah :


  • Manusia Dan Harapan

  1. Keyakinan
  2. Keinginan

  • Manusia Dan Kegelisahan

  1. Keterasingan
  2. Kesepian
  3. Ketidakjelasan

  • Manusia Dan Tanggung Jawab Dan Dedikasi

  1. Kesadaran
  2. Pengorbanan

  • Manusia Dan Pandangan Hidup

  1. Cita-Cita
  2. Kebijakan

  • Manusia Dan Cinta Kasih

  1. Kasih Sayang
  2. Kemesraan
  3. Pemujaan

  • Manusia Dan Keindahan

  1. Renungan
  2. Kelembutan

  • Manusia Dan Kesengsaraan

  1. Rasa Sakit
  2. Siksaan
  3. Penderitaan

  • Manusia Dan Keadilan

  1. Kejujuran
  2. Pemulihan Nama Baik
  3. Pembalasan


KESIMPULAN


a) Ilmu Budaya Dasar adallah  suatu ilmu pengetahuan yang meneliti tentang bermacam -macam  permasalahan kemanusiaan dan kebudaya, dengan memakai pengertian-pengertian yang dari dan sudah ditingkatkan oleh bermacam sektor pengetahuan ketrampilan yang termasuk dalam Pengetahuan Budaya.


b) Kebudayaan ialah hasil buah budi manusia untuk capai kesempurnaan hidup. Dan budaya ialah daya dari budi yang berbentuk cipta, karsa dan rasa.


c) Background ilmu budaya dasar berawal dari kritikan yang diberi oleh beberapa cendikiawan berkenaan sistem pengajaran kita yang dipandang sebagai peninggalan sistem pengajaran pemerintah Belanda pada periode penjajahan dengan tujuan hasilkan tenaga trampil dalam sektor administrasi, perdagangan, tehnik,dan ketrampilan lain untuk kemudahan usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita. Walau sebenarnya pengajaran itu semestinya lebih diperuntukkan untuk membuat golongan cendikiawan dibanding cetak tenaga yang trampil. 


Beberapa alumnus perguruan tinggi diinginkan bisa berperanan untuk sumber khusus untuk pembangunan Negara secara detail. Pada mereka diinginkan ada bantuan gagasan untuk perpecahan permasalahan social warga yang paling kompleks dan terkait satu dan lain, dan dalam permasalahan budaya.


Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar terbagi dalam:


  • Manusia dan cinta kasih
  • Manusia dan keelokan
  • Manusia dan kesengsaraan
  • Manusia dan keadilan
  • Manusia dan tanggung jawab dan dedikasi
  • Manusia dan kegundahan
  • Manusia dan keinginan.


d) Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan ilmu eksak. Sesuai pemahaman dan target ilmu budaya, jadi tidak mengejutkan bila pengetahuan budaya dasar itu terkait sekali dengan ilmu-ilmu tehnik, malah ilmu tehnologi itu ialah dari hasil budaya manusia. 


Karenanya tidaklah heran, bila kreasi budaya itu menuntut kemampuan, keelokan, kepraktisan, dan lain-lain. Jadi IBD sebagai ilmu yang bekerja memicu psikis individu mahasiswa yang agar bisa terima, menghayati dan meresapi ilmu-ilmu budaya dari sisi ilmu-ilmu yang lain jadi ilmu tertibnya masing-masing.


Demikian pembahasan tentang Ilmu Budaya Dasar Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Ilmu Budaya Dasar ; Pemahaman, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar"